Tes CPNS 2014 Menggunakan Computer Assited Test

Advertisement

Tes CPNS 2014 Menggunakan Computer Assited Test|Untuk menghemat anggaran negara, meminimalisir kecurangan, dan tak mau ribet, tes CPNS 2014 akan menggunakan computer assisted test (CAT). Model ini seperti yang dilakukan untuk saringan masuk perguruan tinggi negeri (SNPTN). Tetapi bagi daerah yang belum siap masih menggunakan cara manual dengan menggunakan lembar jawab komputer (LJK).

Sebab dengan menggunakan LJK, selain menelan anggaran besar, metode LJK sangat rawan kecurangan. Seketat apapun kita melakukan pengamanan, tetap ada celah bagi oknum-oknum nakal untuk berbuat curang. Hal ini dikemukakan oleh eputi SDM KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja dalam petikan wawancara wartawan JPNN.

Dengan sistem computer assisted test (CAT), pelamar langsung mengerjakan soal di komputer. Begitu selesai mengerjakan, skornya langsung bisa dilihat, dan lulus atau tidaknya bisa langsung dilihat saat itu juga.

Tahun ini seluruh instansi pusat dan 33 provinsi serta kota sudah kita wajibkan CAT karena infrastrukturnya sudah memadai. Sedangkan daerah kabupaten sedang dibuat check list mana-mana yang minim infrastrukturnya.

Untuk pembuatan daftar ini, KemenPAN-RB bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Badan Kepegawaian Negara (BKN). Nantinya Kemendikbud akan memetakan wilayah mana yang sekolahnya punya laboratorium komputer. 

Dengan adanya lab komputer akan membantu pemda dalam pengadaan seleksi CPNS. Pemda tidak perlu lagi membeli komputer karena di sekolah sudah ada. Dengan demikian jika tiap kabupaten ada sekolahnya yang dilengkapi lab komputer, otomatis seluruh kabupaten juga harus melaksanakan CAT.

Seleksi CPNS akan dilakukan dengan model satu pintu dengan penentu tetap oleh panitia seleksi nasional (Panselnass), artinya Panselnas yang menentukan pelamar A (yang lulus) ditempatkan di instansi mana. 

Tidak seperti tahun lalu, pelamar yang diberikan keleluasaan untuk memilih instansi yang dia suka ketika namanya lulus di beberapa instansi. Padahal instansinya sama-sama membutuhkan.

Demikian informasi mengenai Tes CPNS 2014 Menggunakan Computer Assited Test ini mudah-mudahan bermanfaat. Dan bagi yang mau ikut CPNS tahun ini, sedari sekarang untuk segera belajar, bagi yang belum bisa komputer segera belajar komputer, juga belajar mengerjakan soal-soalnya dengan simulasi soal online.

Sumber: JPNN.Com

http://goo.gl/3jHtwX

Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment