Pekerjaan Guru Yang Utama Guru Itu Mengajar Mendidik dan Melatih Siswa

Advertisement

Pekerjaan Guru Yang Utama Guru Itu Mengajar Mendidik dan Melatih Siswa -Sebagai seorang yang berprofesi sebagai guru sebaiknya mengetahui tugas pokok, atau pekerjaan utama seorang guru itu apa saja. Ini untuk menjaga profesionalisme dan tanggungjawab terhadap pekerjaan yang diembannya. Tidak mudah menjalankan profesi ini, banyak hal yang harus dilakukan, banyak hal yang harus dipikirkan, di rencanakan, dan banyak hal lainnya yang sudah siap antri memenuhi agenda seorang guru. Tapi untuk batasan, bahwa tugas seorang guru itu adalah mengajar, mendidik dan melatih siswa.

Definisi Guru dalam Bahasa Sansekerta adalah seorang yang mengajarkan suatu ilmu kepada orang lain. Dalam Bahasa Indonesia definisi seorang guru yang saya kutip dari wikipedia adalah Guru umumnya merujuk pendidik propesional dengan tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didiknya.

Pekerjaan Guru Yang Utama Guru Itu Mengajar Mendidik dan Melatih Siswa
Di Indonesia sendiri Guru merupakan jenis pekerjaan yang melekat pada seseorang pengajar di sekolah negeri atau swasta yang memiliki kemampuan berdasar latar belakang pendidikan minimal S1, dan tentu memiliki ketetapan hukum sesuai dengan undang-undang guru dan dosen. Dan hal unik lainnya tentang profesi guru di Indonesia adalah, guru terbagi kedalam dua kasta yaitu guru honorer dan guru PNS. Diluar itu ada guru swasta dengan sebutan Guru Tetap Yayasan (GTT).

Tugas pokok guru sebagaimana saya sebutkan dalam paragraf kedua diatas ada tujuh pekerjaan utama yang harus dikerjakan oleh seorang guru. Dari ketujuh pekerjaan utama seorang guru tersebut, sebenarnya cuma ada tiga pekerjaan yang paling utama yaitu mengajar, mendidik dan melatih siswa. Dan kalau dikerucutkan lagi tugas utama guru yang paling paling utama itu adalah mengajar.
  • Mengajar merupakan proses memberikan pengetahuan tentang suatu materi dalam bidang ilmu pengetahuan tertentu / mata pelajaran dengan berbagai metode yang digunakan. Ada banyak meotde yang bisa digunakan oleh guru ketika mengajar, contohnya metode inkuiri, metode eskpositori dan lainnya. Dan secara umum metode yang digunakan oleh seorang guru adalah metode ceramah.

  • Mendidik merupakan bagian dari kegiatan mengajar, tetapi berkaitan erat dengan moral dan kepribadian. Prosesnya dengan memberikan keteladanan dan pembiasaan.

  • Melatih merupakan bagian dari pekerjaan guru berkelanjutan yaitu memberikan contoh nyata dari materi yang sudah dijelaskan dalam bentuk simlasi, praktik, magang dan bimbingan teknis lainnya yang membuat siswa mampu mengaplikasikan materi yang dipelajarinya dalam bentuk-bentuk nyata.
Pada hakikatnya ketika guru sudah mengajar, maka pekerjaan mendidik dan melatih akan terlaksana dengan sendirinya. Begitupun dengan runtutan pekerjaan guru lainnya membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi, akan terlaksana dengan sendirinya. Ketika guru sedang melaksanakan pekerjaan melatih maka pekerjaan membimbing akan terlaksana, begitupun dengan pekerjaan mengarahkan. Dan untuk mengetahui sejauh mana hasil mengajar maka guru akan melakukan evaluasi, dan bentuk dari evaluasi tersebut adalah proses penilaian, dan nilai akan menjadi report untuk tindakan selanjutnya.

Jadi tiga hal diatas; mengajar, mendidik, dan melatih merupakan perkerjaan guru yang utama. Adapun guru yang sering terlibat dalam kegiatan administrasi sekolah, seperti menjadi operator sekolah, mengerjakan anggaran BOS, mengerjakan kegiatan surat menyurat dan pekerjaan lainnya dari jabatan tambahan yang diterimanya semisal menjadi wakasek bidang kesiswaan, wakasek bidang kurikulum, wakasek bidang keagamaan dan lainnya merupakan pekerjaan tambahan bukan pekerjaan pokok. Pekerjaan-pekerjaan tambahan tersebut mestinya dilaksanakan ketika pekerjaan guru yang utama telah dilaksanakan.

Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment