Bagaimanakah Cara Menjadi Guru Yang Bisa Disenangi Siswanya? (Tips PekerjaanGuru)

Advertisement

Berikut beberapa tips yang bisa dicoba oleh guru agar disenangi siswanya. Disenangi dalam hal ini siswa selalu antusias ketika anda mengajar, tidak jengah dengan kehadiran anda, dan tidak ada gep komunikasi ketika bersama anda. Hal ini tentu hanya bisa dilakukan oleh guru-guru yang mempunyai karakter dan kepribadian istimewa, dan tidak semua guru memiliki kepribadian seperti itu. Untuk itu perlu pembelajaran yang panjang jika anda tidak memiliki latar belakang pendidikan kependidikan, atau bahkan yang pernah kuliah kependidikan pun belum tentu bisa menjadi pribadi yang istimewa dimata siswanya.
Bagaimanakah Cara Menjadi Guru Yang Bisa Disenangi Siswanya? (Tips PekerjaanGuru)
Berikut beberapa hal yang mungkin bisa membuat anda sebagai guru bisa disenangi banyak siswa, syukur-syukur bisa disenangi semua siswa.

Bagaimanakah Cara Menjadi Guru Yang Bisa Disenangi Siswanya?
Pertama, tidak bermuka angker. Muka seram dimana-mana selalu beridentik dengan perangi yang kurang ramah, padahal tidak selamanya begitu. Jadi kalaupun muka kita sudah terlahir sedikit terlihat antagonis, usahakan untuk selalu bisa meyakinkan siswa anda bahwa muka anda tidak seseram apa yang siswa kira, tentu dengan melakukan banyak komunikasi dan joke joke yang membuat siswa jadi tau bahwa anda adalah guru yang sangat ramah, humoris dan mudah bergaul dengan siswa kebanyakan.

Kedua, tidak melulu nyeramahain siswa. Sekarang jamannya beda, siswa paling alergi kalau diceramahin. Cukup diberi motivasi saja, dan jangan pula sekali-kali mencelanya. Sekali mencela, maka apa yang anda lakukan akan dikenang selamanya oleh siswa, akibatnya stigma guru tidak menyenangkan akan melekat pada diri anda.

Ketiga, sebelum ngajar, kuasai dulu materinya. Jangan sampe anda dibilang sok tahu ngajarin siswa padahal anda sendiri kurang tahu dan kurang menguasai materi yang diajarkan. Akibatnya anda akan terlihat bodoh ketika ada siswa yang bertanya terlalu cerewet tentang materi yang anda ajrkan. Kalau sudah begitu pasti siswa anda akan memberi stigma buruk pula pada cara mengajar anda.

Serba bisa dan mau mendengarkan siswa. Jadilah McGyver untuk siswa anda, seorang heroik yang bisa menjawab semua permasalahan siswa, terutama untuk bidang2 populer dan kekinian, misalnya IT dan memainkan alat musik. Dan ketika ada siswa yang ngadu atau curhat, jadilah pendengar yang baik dan mau memberi feedback yang menyenangkan siswa anda.

Bac apula info ini: Bank Soal UKK SMA Kelas 10,11 Semester 2/Genap KTSP (Arsip)

Dan masih banyak lagi banyak lagi jika anda ingin disenangi siswa anda. Satu lagi, jangan pelit. Kalau punya rejeki, tak ada salahnya nraktir siswa, makan bakso bareng2 atau sekedar membelikan es krim untuk siswa anda. Dan selebihnya pengalaman akan membuat anda paham dan bisa merebut hati siswa anda...

Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment