Download Rapot K13 SD dari Kemdikbud Terbaru Berikut Cara Instalasinya

Advertisement

Download Rapot K13 SD dari Kemdikbud Terbaru Berikut Cara Instalasinya-Bagi rekan-rekan Guru kelas yang belum mengunduh file exe Raport K-13 yang sudah diluncurkan Direktorat Pembinaan SD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), bisa mengunduhnya pada tautan dibawah ini. Aplikasi untuk melakukan proses penialian terhadap siswa ini dibagikan oleh Kemdikbud secara gratis. Dengan aplikasi ini proses penilaian siswa jadi sedikit lebih mudah, dan yang perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini harus sinkron dengan dapodik sekolah, karenanya aplikai ini akan berjalan hanya pada komputer yang sudah terinstalasi aplikasi dapodik sekolah tersebut.

Download Rapot K13 SD dari Kemdikbud Terbaru Berikut Cara Instalasinya
Alamat untuk mengunduh file aplikasi Raport K-13 SD
Untuk mengunduh mentahan aplikasi Raport K-13 Kemdikbud silahkan bapak/ibu guru menuju tautan situs resmi Direktorat Pembinaan SD Kemdikbud, http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/downloads/Program/Kurikulum-2013/, atau bisa langsung klik tautan ini:

 Raport K-13 SD Kemdikbud > Download

Setelah proses pengunduhan rekan guru bisa langsung menginstalasinya. Bagaimana cara menginstalasi Raport K-13 SD tersebut?

Step by Step Instalasi Raport K-13 SD:
  • Klik 2 x file Exe : Aplikasi Raport-SD.exe, nantinya akan muncul halaman depan dari aplikasi
  • Klik tombol lanjut
  • Klik tombol pasang untuk melanjutkan proses instalasi
  • Proses instalasi akan berjalan, tunggu beberapa menit sampai proses instalasi selesai
  • Setelah proses instalasi selesai nantinya akan muncul halaman dengan tulisan "mengakhiri pemasangan rapor - SD" kemudian kita tekan tombol selesai. Sampai langkah ini proses instalasi sudah selesai.

Untuk menjalankan aplikasi Raport K-13 SD ini kita tinggal klik dua kali icon shortcut Aplikasi Raport K-13 yang ada pada dekstop komputer.

Perlu diperhatikan, bahwa sebelum menjalankan aplikasi Raport K-13 SD ini, terlebih dahulu kita harus mensinkronkan Dapodik. Hal ini tak lain karena aplikasi ini merupakan paket aplikasi lanjutan dari Dapodik, sehingga database raport sinkron dari databse Dapodik tersebut, seperti data sekolah, data PTK, rombel dan lain sebagainya. Dan sebagai data awal, pada aplikasi ini sudah dilengkapi dengan data kompetensi dasar (KD) dan indikator yang mengacu pada buku guru K-13.

Cara menggunakan aplikasi Raport K-13 SD
Untuk tahap awal bagi rekan guru yang baru pertamakali menggunakan aplikasi ini, bisa memperhatikan hal-hal teknis sebagai berikut:
  • Karena aplikasi Raport SD K13 ini sudah disinkronkan dengan Dapodik maka, aplikasi secara otomatis akan membaca data Guru pada database Dapodik. 
  • Username dan Password diset secara otomatis dengan NUPTK dari setiap sesuai dengan data yang terdapat pada Aplikasi Dapodik.
  • Login dengan menggunakan username dan Password NUPTK masing-masing Guru dan Tahun Ajaran/Semester: 2014/2015/Genap.
  • Pengguna harus melakukan sinkronisasi untuk pengisian data Sekolah, Rombel, Anggota Rombel, PTK dan data lainnya yang diperlukan, melalui Menu Tools - Sinkronisasi. Klik Tombol Sinkronisasi Semua (lihat pojok Kiri Atas)
  • Jika sudah berhasil login, guru disarankan untuk merubah password, hal ini untuk memudahkan rekan guru ketika login dan menjaga keamanan data. 

Demikian sedikit informasi mengenai Download Rapot K13 SD dari Kemdikbud Terbaru Berikut Cara Instalasinya ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi rekan-rekan Guru kelas semuanya. Untuk panduan lebih jelas mengenai penggunaan aplikasi ini biasanya akan dilakukan mentoring baik oleh operator sekolah maupun dari operatir UPT dan dinas. Selamat mengisi Raport!

Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment