Begini Cara Pendaftaran Online Test CPNS 2014

Advertisement

Begini Cara Pendaftaran Online Test CPNS 2014| Bagi kawan-kawan yang belum mengetahui prosedur pendaftaran online untuk test CPNS tahun 2014 ini, silahkan baca prosedur pendaftaran di bawah ini. Rencananya pendaftaran CPNS 2014 akan di buka sesuai jadwal CPNS 2014 yaitu pada tanggal 20 Agustus sampai dengan 3 September. Untuk pendaftaran online nantinya akan di lakukan melalui situs panitia seleksi nasional (panselnas) Menpan.


Pendaftaran secara online ini di maksudkan sebagai tahapan seleksi administrasi pelamar. Dari sini nantinya panselnas akan menyeleksi pelamar sesuai kelengkapan administrasi yang sudah di tentukan. Baca persyaratan CPNS 2014 disini.
 
Pemerintah tahun ini membuka peluang sebanyak 100.000 aparatur sipil negara (ASN), yang terdiri dari 65.000 CPNS, dan sebanyak 35.000 untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Dengan formasi 25.000 untuk pemerintah pusat, dan 40.000 untuk pemerintah daerah. Sementara untuk formasi PPPK sebanyak 10.000 untuk instansi pemerintah, dan 25.000 untuk instansi daerah. Cek lebih lengkap pada info Daftar formasi CPNS 2014

Prosedur pendaftaran CPNS 2014:
  1. buka situs resmi panitia seleksi nasional  dengan domain http://panselnas.menpan.go.id
  2. lakukan pendaftaran dengan mengisi kolom nik, nama, email, dan pilih instansi yang dilamar.
  3. setelah itu, pelamar akan mendapatkan username, password dan link (tautan) pendaftaran online instansi yang dilamar.
  4. buka link (tautan) pendaftaran yang sudah diterima. pelamar akan melihat tampilan pendaftaran cpns di instansi yang dituju.
  5. selanjutnya pelamar login dengan memasukkan username dan password yang sudah diterima sebelumnya. 
  6. lengkapi pendaftaran dan dokumen. kelengkapan dokumen seperti ijazah dan lainnya disampaikan dalam bentuk data dengan format pdf dan di-upload pada kolom dokumen yang sesuai.
  7. setelah selesai melakukan pengisian dokumen, pelamar akan memperoleh kartu registrasi. cetak kartu registrasi sebagai bukti telah mendaftar.
  8. hasil verifikasi berkas pendaftaran oleh tim verifikator akan diumumkan melalui situs http://ssc.bkn.go.id atau situs resmi masing-masing instansi.
  9. untuk mengetahui hasil verifikasi lakukan login. jika lulus verifikasi administrasi, pelamar akan mendapat kartu peserta tes. 
  10. cetak kartu peserta sebagai bukti pelamar telah lulus saringan administrasi dan dapat mengikuti test seleksi cpns.
  11. bawa kartu peserta tes seleksi cpns yang sudah di cetak saat mengikuti tes di tempat yang ditunjuk oleh instansi yang dituju pelamar.
Flowchart alur penerimaan CPNS bisa di lihat pada gambar ini (klik)

Yang perlu di ketahui pelamar CPNS 2014, bahwa test CPNS kali ini menggunakan sistem komputerisasi CAT (computer assisted test) di lakukan bukan secara online di rumah masing-masing melainkan di instansi yang sudah di tunjuk di tiap wilayah. Karena akan memakan waktu cukup lama, maka proses test di lakukan tida secara serentak seperti biasanya melainkan secara bergelombang.

Lebih lengkap informasi mengenai CPNS 2014 bisa baca di situs menpan, atau baca informasi yang ada di blog ini seputar CPNS 2014:
Jadwal dan persyaratan CPNS 2014
Prediksi soal-soal CPNS 2014
Download dan Coba Aplikasi Simulasi CAT Untuk Latihan Test CPNS

Demikian informasi ini mudah-mudahan bermanfaat, sumber informasi http://panselnas.menpan.go.id dan sekolahdasar.net. Selamat mencoba dan semoga kawan-kawan berhasil tahun ini...

Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment