Beberapa Polis Asuransi Untuk Guru Swasta/Honorer

Advertisement

Beberapa Police Asuransi Untuk Guru Swasta/Honorer| Rekan guru yang saat ini mengabdi untuk sekolah di bawah naungan yayasan, atau guru yang mengabdi di sekolah negeri yang masih berstatus wiyata, setidaknya harus mempersiapkan masa depannya jauh-jauh hari, terutama untuk keluarganya. Yang harus disiapkan tersebut yaitu dana untuk pendidikan anak, tabungan untuk kesehatan, tabungan untuk pensiun. Setidaknya tiga hal tersebut, menjadi prioritas utama yang harus disiapkan sejak saat ini. Dan program yang bisa kita ikuti untuk hal tersebut adalah dengan mengikuti program asuransi.


Asuransi menjadi sangat penting bagi kita, guru swasta dan honorer. Sebab dengan mengikuti program asuransi, kita telah berinvestasi untuk kepentingan jangka panjang kita dan keluarga tentunya.

Kenapa kita harus mengikuti program asuransi? Karena sebagai guru swasta atau honorer, kita tidak seperi guru PNS yang memiliki jaminan pensiun, dan tunjangan-tunjangan lainnya. Karenanya planing jangka panjang dengan mengikuti program asuransi adalah pilihan terbaik.

A. Asuransi Pendidikan Untuk Anak
Bagi saya asuransi pendidikan untuk anak itu sangat penting,  karena dengan mengikuti program asuransi pendidikan, kita telah menyiapkan masa depan anak kita.

Sebagai guru swasta/honorer, tentu sadar betul, dengan penghasilan yang tidak besar, pendidikan anak akan menjadi masalah jika tidak mempersiapkannya dari sekarang. Karena biaya pendidikan saat ini tidak murah, terutama untuk sekolah terbaik. Dan kita tentunya ingin menyekolahkan anak kita di sekolah-sekolah terbaik.

Ada banyak perusahaan asuransi yang menyelenggarakan program asuransi pendidikan, baik yang konvensional maupun syariah. Dengan iuran police perbulannya sekitar Rp. 100.000, atau lebih.

B. Asuransi Kesehatan
Untuk asuransi kesehatan, saat ini pemerintah sudah membuat program BPJS. Program ini menurut saya sangat bagus, terutama buat guru swasta seperti saya. Kita tinggal ikut program, dan memilih tingkatan police sesuai kemampuan kita.

Iuran police yang harus kita bayar perbulannya, antara 25.000, sampai dengan 59.0000. Dengan level kelas 1-3. Jadi kita bisa menyesuaikan kemampuan kita. Kalau mampu membayar iuran dengan rentangan 25.000 maka kita pilih police asuransi kelas 3, dan seterusnya.

C. Asuransi hari tua
Program asuransi jaminan hari tua juga sangat bermanfaat bagi kita sebagai guru swasta, karena ini untuk menyiapkan kebutuhan finansial kita ketika usia kita sudah tidak produktif, alias usia pensiun.

Kalau guru PNS sudah pasti mendapaktan pensiun, maka kita sebagai guru swasta juga wajib menyiapkan diri untuk mendapatkan pensiun tersebut, tentu bukan dari pemerintah melainkan dari perusahaan asuransi yang kita ikuti.

Ada banyak perusahaan asuransi yang menyelenggarakan program asuransi jaminan hari tua, baik yang konvensional maupun syariah. Tinggal pilih sesuai keinginan dan kemampuan kita.






Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment