Memotivasi Semangat Mengajar

Advertisement

Pekerjaan guru selain mengajar adalah memotivasi diri, agar semangat memberikan yang terbaik tidak mudah pudar. Adakalanya guru merasa jenuh dengan profesinya sebagai pendidik, ada banyak alasan yang melatarbelakangi kejenuhan tersebut. Bisa karena kondisi badan yang lagi tidak fit, bisa karena sistem pendukung yang kurang, bisa karena alasan finansial yang tidak sesuai, bisa karena hubungan yang tidak harmonis antar kolega dan seterusnya.

Untuk menjaga semangat mengajar agar tetap postitif, tentu kita harus bisa meminimalisir penyebab-penyebab tadi. 

Agar badan selalu fit, ya guru harus berolahraga. Memakan makanan yang bergizi dan suplemen lainya. Olahraga kadang merupakan aktivitas yang sering dilupakan guru, karena alasan kesibukan dan lainya. Makanya sering sekali guru menjadi gemuk dan cepat cape. Luangkanlah satu kali dalam seminggu untuk berolahraga, minimal lari pagi. 

Untuk menghindari rasa jenuh karena alasan sistem pendukung yang kurang gunakanlah model pembelajaran yang menyesuaikan dengan materi dan kondisi sekolah, jika fasilitas sekolah belum mencukupi janganlah memaksakan untuk menggunakan model tertentu yang membutuhkan peraltan dan fasilitas tertentu. 

Alasan finansial biasanya yang dominan mengapa guru cepat letih untuk mengajar lebih profesional. Hal seperti ini umumnya dialami oleh rekan guru honorer atau guru sekolah swasta biasa. Untuk hal ini memang solusinya adalah dengan cara mendapatkan penghasilan tambahan. Jalan satu-satunya ya bekerja paruh waktu dibidang tertentu, misalnya saja membuka les private, bimbel, kursus dan seterusnya.

Hubungan yang tidak harmonis memang sangat membuat suasana tidak nyaman, karenanya biasakan diri untuk membangun komunikasi yang baik dengan sesama rekan kerja. Keluarkan selera humor setiap harinya walaupun dalam porsi yang kecil misalnya. Jangan terlalu serius, tapi tetap fokus pada pekerjaan.


Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment