Membuat Transfaran Tanda Tangan Hasil Scan Dengan Photosop

Advertisement

Membuat Transfaran Tanda Tangan Hasil Scan Dengan Photosop- Saking sibuknya pekerjaan guru kadang proses paraf memparaf menjadi pekerjaan yang hanya dianggap membuang -buang waktu saja. Karenanya banyak rekan guru yang mensiasatinya dengan membuat file digital tanda tangannya dengan menggunakan scanner. Tetapi hasil scanner kadang tidak seperti yang kita inginkan sebab kadang masih terlihat hasil cutting file. Wal hasil tanda tangan digital kita jadi tidak sempurna. Karenanya kita bisa menggunakan photosop.

Dalam Photoshop disediakan fasilitas calculations yang dapat kita gunakan untuk mempermudah proses tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Buka file tanda tangan yang telah kita scan.
2. Dari menu image pilih calculations, maka akan muncul kotak dialog calculations.
3. Pada tab blending pilihlah overlay.
4. Pada tab channel pilihlah warna yeng membuat warna menjadi kontras.
5. Klik ok.
Setelah langkah tersebut, selanjutnya pilihlah burn tool atau dengan menekan tombol O pada keyboard untuk mempertajam garis-garis/bagian-bagian dari tanda tangan. Tapi sebelunya kita perlu mengatur range-nya pada opsi shadows dan exposure-nya pada posisi 20 - 25. Hal ini bertujuan agar burn tool ini hanya mempertajam bagian-bagian yang mempunyai warna gelap saja.
Setelah bagian-bagian tanda tangan ini dirasa sudah jelas, selanjutnya pilihlah dodge tool dengan pengaturan range pada opsi highlight dan exposure pada kisaran 20 - 25 untuk membersihkan dasar dari tanda tangan agar menjadi putih dan bersih.
Selanjutnya tekanlah tombol ctrl+i untuk membalik warna gambar (dasarnya berwarna hitam dan bagian tanda tangan menjadi putih).
Dari menu select pilihlah load selections, maka akan muncul kotak dialog load selections, pada pilihan invert berilah tanda centang untuk membalik hasil seleksi, kemudian klik ok.
Setelah dasar dari tanda tangan terseleksi, selanjutnya kita pilih channel RGB pada jendela channel kemudian tekan tombol delet. Jreeeeng, hilanglah dasar dari tanda tangan dan yang tersisa adalah bagian dari tanda tangan dengan dasar transparan. Setelah itu simpanlah file tersebut dengan extensi png.

Nah dengan cara seperti itu tanda tangan yang kita scan bisa tampil lebih sempurna ketika ditempel dalam format word.

Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment