SK/KSD Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SD Semester 1 Berkarakter

Advertisement

SK/KSD Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SD Semester 1 Berkarakter
Pekerjaan guru diawal tahun ajaran baru salah satunya menetapkan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Berikut merupakan contoh SK/KD untuk mata pelajaran kelas 3 SD semester 1 berkarakter pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial.

Standar Kompetensi (KD):
I. Memahami lingkungan danmelaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

Kompetensi Dasar (KD):
1.1. Menceritakan lingkungan alam dan buatan yang ada disekitar rumah dan sekolah
1.2. Memeliharan lingkungan alam dan buatan yang ada disekitar rumah
1.3. Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan lingkungan sekolah
1.4. Melakukan kerjasama dilingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa

Karakter yang dikembangkan:
KD 1.1: religius, disiplin, rasa ingin tahu, cinta tanah air dan gemar membaca.
KD 1.2: religius, disiplin, rasa ingin tahu, cinta tanah air dan peduli lingkungan.
KD 1.3: religius, disiplin, rasa ingin tahu, cinta tanah air dan mandiri.
KD 1.4: toleransi, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, mandiri dan kreatif.

Pendekatan makna dari masing-masing karakter yang dikembangkan:
  • Religius: yaitu mengenal dan mensyukuri berbagai kenampakan alam yang merupakan ciptaan Allah SWT melalui cara merawatnya dengan baik.
  • Disiplin: yaitu tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  • Rasa ingin tahu: yaitu bertanya tentang berbagai kenampakan alam yang ada di muka bumi Indonesia.
  • Gemar membaca: yaitu kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebaikan dan kebajikan bagi dirinya.
Setelah menentukan SK/KD maka tahap berikutnya kita akan membuat jaring-jaring tema. Dalam jaring-jaring tema tersebut kita akan mengumpulkan KD mana saja yang sesuai dengan tema yang disepakati untuk semester 1 tersebut.

Advertisement

Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment