Advertisement
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah : SD Negeri ………..
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2 x pertemuan )
Waktu Pelaksanaan :
Standar Kompetensi : 2.Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya.
2.2. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya.
Indikator :
• Menyebutkan fungsi akar bagi tumbuhan
• Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya
• Menyebutkan jenis-jenis akar
• Menyebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
• Mendemonstrasikan proses transportasi pada batang tumbuhan
• Menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan
• Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
I. Tujuan Pembelajaran :
Dengan santun siswa dapat :
1. Menyebutkan fungsi akar bagi tumbuhan
2. Menyebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya
3. Menyebutkan jenis-jenis akar
4. Menyebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
5. Mendemonstrasikan proses transportasi pada batang tumbuhan
6. Menyebutkan fungsi struktur batang tumbuhan
7. Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya
II. Materi Pokok
Struktur akar,batang,dan fungsinya
III. Metode / Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran : ceramah,tanya jawab,diskusi,demonstrasi,experimen
Model Pembelajaran : cooperative Learning
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan : I
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
A. Kegiatan awal : waktu 5 menit
1. Guru membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam, do’a, dan memeriksa
kehadiran siswa untuk siap belajar serta menyiapkan media
dan sumber belajar.
2. Guru menyampaikan
kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran.
3. Guru menbagi
siswa menjadi beberapa kelompok.
B. Kegiatan inti : waktu 50 menit
1. Eksplorasi (10 menit)
a.
Guru menyampaikan suatu pertanyaan tentang hubungan antara
struktur akar tumbuhan dan fungsinyauntuk mengetahui
seberapa jauh pengetahuan dasar yang dimiliki siswa
dari topik pembelajaran hari ini.
Pertanyaan:
-
Apakah guna akar bagi
tumbuhan?
-
Apa manfaat bentuk
akar yang meruncing bagi tumbuhan iu?
-
Sebutkan bagian-bagian
akar?
Jawab :
-
Untuk menguatkan
tanah, menyerap air dan zat hara dalam tanah.
-
Untuk membantu
memeasukkan ke dalam tanah.
-
Tudung akar, bulu
akar.
2. Elaborasi (20 menit)
1. Siswa
diminta melakukan kegiatan untuk mengetahui bentuk dan
kegunaan akar.
2. Siswa membandingkan bentuk akar
tumbuhan yang ada.
3.
Konfirmasi (20 menit)
Setiap kelompok menyampaikan hasil kegiatan secara lisan di
depan kelas,
kelompok lainnya memberi tanggapan terhadap hasil
praktik.
C. KegiatanAkhir (15 menit)
a. Guru melakukan
refleksi
1. Inti dari
hasil presentasi, siswa mengenal struktur akar tumbuhan
dengan fungsinya.
2. Manfaat
bagi siswa dalam mempelajari fungsi akar, siswa dapat mengenal
jenis-jenis tumbuhan dan bentuk akar yang dimilikinya.
3.
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa.
|
• relegius
• rasa ingin tahu
• percaya diri
• kerjasama,
komunikatif
|
Pertemuan : II
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Karakter
|
A. Kegiatan awal : waktu 5 menit
a. Guru membuka pelajaran dengan
salam, do’a, dan memeriksa kehadiran
siswa, mengkondisikan siswa untuk siap belajar.
b. Guru menyampaikan kompetensi
dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran.
c. Guru menyiapkan media dan sumber
belajar.
B. Kegiatan inti : waktu 50 menit
1. Eksplorasi (10
menit)
a. Guru menyampaikan suatu pertanyaan yang berhubungan dengan
jenis-jenis batang untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan
dasar yang dimiliki siswa dari topik pembelajaran hari
ini .
Pertanyaan:
-
Jenis batang tumbuhan
apa sajakah yang kamu ketahui?
- Pohon mangga tergolong jenis batang
apa?
Jawab:
-
Batang basah, batang
berkayu, batang rumput.
- Batang berkayu.
2. Elaborasi (20 menit)
1. Tiap kelompok menerima kartu
permasalahan yang berbeda:
a. Mengamati dan
mengidentifikasikan bagian-bagian batang dan
kegunaan batang bagi tumbuhan itu sendiri.
b. Mengamati dan mengidentifikasi
jenis batang tumbuhan.
c. Siswa melakukan pengamatan langsung.
3. Konfirmasi (20 menit)
1. Membuat kesimpulan bersama.
2. Refleksi.
-
Dengan mempelajari
materi ini siswa mengenal bagian-bagian batang
dan fungsi batang tumbuhan.
- Siswa menjawab pertanyaan lisan
dalam bentuk uraian sebagai tes hasil
belajar.
|
• relegius
• rasa ingin tahu
• percaya diri
• kerjasama,
komunikatif
|
V. Alat dan Sumber Belajar
Alat Belajar : ,LCD,Laptop
Sumber Belajara : Buku IPA Kelas IV halaman ,Depdiknas ;
Buku IPA kelas IV halaman,Haryanto ,Erlangga ;
Buku-buku yang relevan.
VI. Penilaian
a. Proses
a.menilai keaktifan siswa dalam demonstrasi dan diskusi
b.menilai kegiatan siswa dalam mengerjaka LKS
b. Hasil
Hasil kerja LKS dan tugas individu
c. Karakter
• Rasa ingin tahu
• Percaya diri
• Kerjasama,komunikatif
EVALUASI
1. Sebutkan fungsi akar bagi tumbuhan
2. Sebutkan bagian-bagian akar dan fungsinya
3. Sebutkan 4 jenis-jenis akar
4. Sebutkan perbedaan dan kesamaan struktur batang dikotil dan monokotil
5. Sebutkan fungsi struktur batang tumbuhan
…………….., 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Nama Kepala Sekolah Nama Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Advertisement
Terimakasih telah berkunjung ke blog pekerjaanguru.blogspot.com, mudah-mudahan bermanfaat!
Baca juga:
kumpulan rpp
- Kumpulan RPP, Silabus dan Kelengkapan Mengajar Mata Pelajaran PKN SMP Lengkaps
- RPP Tematik SD dan Silabus Tematik SD Kurikulum 2013
- Download RPP Mata Pelajaran Prakarya SMP Kurikulum 2013
- Download Materi Pelatihan Guru Kelas 1 SD Kurikulum 2013 (320 halaman)
- Contoh RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013
- Silabus, RPP dan Materi Kurikulum 2013 Lengkap SD-SLTA (Kelas 1-12)
- Download RPP Matematika Untuk SMK Kelas X,XI,XII
- Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013 Lengkap
- RENCANA PEMBELAJARAN BERORIENTASI PAIKEM (SMA)
- KONSEP RPP TEMATIK SD
No comments:
Post a Comment